Ternyata 5 Manfaat Talas Ini Bisa untuk Kesehatan dan Kecantikan

adsense 336x280


Talas merupakan tanaman umbi-umbian yang biasanya tumbuh di negara tropis. Meski kalah popular dengan tanaman umbi-umbian lainnya seperti ubi atau kentang, tetapi ternyata kegunaan talas tak bisa dipandang sebelah mata. Dalam talas terkandung tidak sedikit zat berkhasiat yang sungguh baik untuk tubuh. Di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, folat, serta potassium.

Talas dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang mampu dijadikan makanan pokok pengganti nasi, sebagaimana jenis umbi-umbian lainnya. Selain tersebut, talas juga kini telah banyak diolah menjadi beragam jenis makanan. salah satu yang paling terkenal adalah kue lapis Bogor. Bahkan, kue lapis Bogor sudah menjadi kuliner khas, suvenir dari kota hujan tersebut. Tidak heran, karena wilayah Bogor termasuk penghasil talas disebabkan tanah di wilayah tersebut terkenal gembur dan beriklim sejuk.

Agar talas semakin mendapat tempat, ada baiknya mengetahui beberapa manfaat talas. Berikut 5 kegunaan talas yang baik untuk kesehatan sekaligus kecantikan.

1. Sebagai Sumber Energi


https://pixabay.com/en/taro-fruit-food-plant-health-1686669/
Jumlah kalori yang ada pada talas sebanding bahkan boleh dibilang lebih tidak sedikit daripada yang terdapat pada kentang. Kalori pada talas berasal dari karbohidrat kompleks yaitu amilosa dan amilopektin. Tingkat protein talas juga sebanding dengan umbi-umbian lainnya. Karenanya, talas baik untuk dijadikan makanan pokok lain pengganti beras.

2. Baik Untuk Pencernaan

Talas juga baik dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan usus dan lambung. Ini disebabkan, talas gampang dicerna dan diserap tubuh sehingga mampu melancarkan proses pencernaan. Termasuk mengatasi masalah-masalah pencernaan yang sering terjadi. Di antaranya perut kembung, diare, produksi gas yang berlebih, dan kram perut.

3. Baik Untuk Meningkatkan Imunitas

Tubuh yang bugar adalah tubuh yang memiliki daya tahan (imunitas) yang tidak rendah. Jadi, kuman penyakit susah menembus pertahanan tubuh. Nah, kandungan talas yang berperan untuk tersebut merupakan vitamin c yang cukup tinggi serta zat antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk membuang radikal bebas yang ada dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh pun terjaga dari serangan aneka penyakit berbahaya.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Talas baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Talas termasuk makanan berserat yang dipercaya mampu menjaga kadar insulin dan glukosa dalam tubuh sehingga menurunkan resiko terhadap diabetes. Untuk hasil maksimal, rutinlah mengonsumsi talas disertai dengan diet yang sehat.

5. Anti-aging


Referensi pihak ketiga
Nah, jika yang ini merupakan kegunaan talas, terutama untuk kecantikan. Ternyata, talas juga berkhasiat sebagai anti-aging alias anti penuaan dini. Dengan mengonsumsi talas, tubuh akan dapat membuang radikal bebas serta melakukan regenerasi sel. Dengan kata lain, talas mampu menjaga keawetan sel-sel yang ada dalam tubuh, temasuk sel-sel yang ada dalam kulit.

Demikian lima manfaat talas bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan mengetahui besarnya kegunaan tanaman ini, kita termotivasi untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin. 



Sumber : Ucnews / Hallosehat / Manfaat.co.id
adsense 336x280

0 Response to "Ternyata 5 Manfaat Talas Ini Bisa untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment